struktur mgmp mat tsm
PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
MGMPMATEMATIKA
KAB. TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
MGMPMATEMATIKA
KAB. TASIKMALAYA
Sekretariat : SMA Negeri I Singaparna
JL. Perikanan Darat Singaparna Tasikmalaya (0265) 545 203
e-mail: mgmpmatematika@gmail.com
JL. Perikanan Darat Singaparna Tasikmalaya (0265) 545 203
e-mail: mgmpmatematika@gmail.com
PERIODE JUNI 2009- 2013
1. PENASIHAT EKSTERNAL :
2. PENASIHAT INTERNAL : 1. Drs. Tarso
2.H.Hilman Gojali
3.H.Dodo As, drs
3. KETUA : DEDE IRYANTO (SMA N I Singaparna)
4. SEKRETARIS 1 : ENCEP NURCHOLIS S.PD (SMAN 1 Karangnunggal)
5. BENDAHARA 1 : ENDEN MEILIA, S.Pd (SMA ISLAM Singaparna)
6. TEAM WORK
a. PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA (MATERI):
· Yeye
· Rosa R
·
b. INOVASI DAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(PEMBELAJARAN)
· Ayi
· Asep Taufik ,S.Pd. M.Mpd
·
c. KOMPUTASI DAN E-LEARNING (ICT)
· Dedi Akh. Kurniadi
· Dewi R.
d. MULTI KECERDASAN (Emotional, Spiritual, Interpersonal, Physical)/ESIP
· Asep Rahmatillah
· Yani Permana S.Pd
e. BILINGUAL INSTRUCTION (KEBAHASAAN)
· Yani
·
f. PUBLIC RELATION (PR)
· Euis S.
· Nani R
Singaparna, 10 Oktober 2009
Ketua,
Dede Iryanto
NIP. 197012031993021001
PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
DINAS PENDIDIKAN
MGMP MATEMATIKA KAB. TASIKMALAYA
Sekretariat : SMA Negeri I Singaparna
JL. Perikanan Darat Singaparna Tasikmalaya (0265) 545 203
e-mail: mgmpmatematika@gmail.com
RINCIAN TUGASDINAS PENDIDIKAN
MGMP MATEMATIKA KAB. TASIKMALAYA
Sekretariat : SMA Negeri I Singaparna
JL. Perikanan Darat Singaparna Tasikmalaya (0265) 545 203
e-mail: mgmpmatematika@gmail.com
1. PENASIHAT EKSTERNAL; bertanggung jawab dan berkewajiban untuk:
a. memberi masukan informasi kepada ketua terhadap peluang-peluang yang mungkin
dapat diraih untuk mengembangkan MGMP Matematika,
b. memberi masukan baik secara konseptual maupun teknis kepada ketua untuk memahami
prosedur perolehan peluang,
c. memberi masukan kepada ketua melalui studi komparasi baik di dalam maupun di luar
Kabupaten, untuk melesatkan kinerja MGMP Matematika,
d. memberikan peluang seluas luasnya untuk mengembangkan potensi demokratis dan
berbagai potensi kecerdasan multi lainya yang dimiliki segenap anggota MGMP
Matematika,
e. mensinergiskan kedudukannya pada saat ini dengan jabatan sebagai penasihat eksternal
dalam bentuk dukungan moral, finansial maupun pengetahuan dan wawasan.
2. PENASIHAT INTERNAL; bertanggung jawab dan berkewajiban untuk:
a. memberi masukan informasi kepada ketua mengenai kultur yang akan di bangun di
MGMP Matematika berdasarkan analisis potensi yang ada,
b. memberi masukan kepada ketua mengenai kesesuaian bentuk dan struktur serta
penangungjawab team untuk memperoleh kinerja yang efektif dan efisien,
c. memberi masukan kepada ketua tentang sistem pembinaan keorganisasian dan
pembinaan personal,
d. memberi arahan kepada ketua mengenai sistem rotasi atau reshufle struktur manakala
kinerja struktur yang ada tidak optimal,
e. memberikan motivasi kepada segenap pengurus untuk mengoptimalkan kinerja, melalui
permodelan, bimbingan teknis atau dalam bentuk pelatihan.
3. KETUA;bertanggung jawab terhadap :
a. terbentuknya Visi, Misi dan Rencana Kerja MGMP Matematika Kab.Tasikmalaya
b. terselenggaranya kegiatan yang sangat berorientasi pada capaian Visi dan Misi
c. mengarahkan dan memfasilitasi Team untuk membuat Rencana Kerja,
d. mengarahkan dan memfasilitasi Team melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana
Kerja
e. mengarahkan dan memfasilitasi Team melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana
Kerja,
f. Mengarahkan dan memfasilitasi Team untuk melakukan evaluasi diri terhadap kegiatan
yang telah dilaksanakan,
g. mangarahkan dan mensinergiskan seluruh Team agar bekerja profesional,
h. membuat Program Kerja didasarkan atas Rencana Kerja masing-masing Team,
i. menyelenggarakan Laporan Akuntabilitas Kinerja tiap akhir tahun (Annual Report)
j. membuat Analisis Program Kerja terhadap peluang capaian Visi dan Misi MGMP
Matematika
k. membuat Evaluasi Tahunan (Annual Evaluation) dan mengadakan refleksi.
4. SEKRETARIS ;
a. membantu ketua dalam penyediaan administrasi kegiatan, seperti pengetikan, pengadaan
bahan kegiatan seperti format atau data isian, penggandaan, pengaturan acara,
penjadwalan kegiatan,
b. m enginventarisir kebutuhan adminitrasi tiap Team,
c. memberikan layanan administrasi terhadap Team
d. memandu acara dalam suatu kegiatan.
e. membuat laporan akuntabilitas keuangan rutin tiap semester bersama Bendahara
f. membuat analisis keterukuran dan ketercapaian Rencana Kerja Masing-masing Team
g. membantu ketua membuat Program Kerja
h. membantu ketua membuat laporan kemajuan (progres report) setiap Rencana kerja
i. membantu ketua melakukan evaluasi diri terhadap pelaksanaan Program Kerja
j. membantu ketua mencari dan menjajaki peluang mendapatkan Blok Grant atau bantuan
finansial alain seperti dari World Bank
k.membuat pelaporan akuntabilitas keuangan setiap project atau Blok Grant yang diterima
bersama dengan Bendahara
5. BENDAHARA
a. membuat analisis anggaran (budget) dari setiap Rencana Kerja yang dibuat tiap team,
b. melaporakan kondisi keuangan rutin kepada ketua,
c. membuat alokasi pendanaan terhadap Rencana Kerja Team sesuai skala prioritas dan
kondisi keuangan yang ada,
d. membuat laporan keuangan bersama sekretaris pada tiap akhir semester,
e. Membuat analisis Rancangan Anggaran untuk pengajuan dana Block Grant/ atau Project
Permebrdayaan MGMP.
f. Melaporkan keadaan keuangan kepada ketua secara berkala (Progress Report) sampai
project Tuntas
g. Membuat Laporan kepada Penanggung Jawab Project (Penanggung Jawab Eksternal,
misal: Disdik Kab. Tsm, Disdil Prop, LPMP, Bank Dunia dll).
6. Team Work
a. PENDALAMAN MATERI MATEMATIKA (MATERI)
1) membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan Pendalaman Materi Matematika bagi
Anggota MGMP, berkordinasi dengan Team ESIP,
2) mempersiapkan materi untuk pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan atau
jika ada workshop ataupun In House Training,
3) membuat daftar spesifikasi keahlian tiap anggota MGMP Matematika dan mengarahkan
anggota agar menekuni bidang keahliannya
4) mensosialisasikan soal-soal dan solusi Olimpiade dari tingkat sekolah sampai tingkat
internasional,
5) membuka layanan membantu guru untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam
materi matematika,
6) mensosialisasikan fenomena alam dan persoalan matematika yang populer dan aktual di
masyarakat kepada MGMP Matematika agar menjadi penerima informasi dini.
b. INOVASI DAN KREATIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(PEMBELAJARAN)
1) membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan Pembelajaran Matematika bagi
Anggota MGMP,
2) mempersiapkan materi untuk pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan atau
jika ada workshop ataupun In House Training,
3) membuat inventarisasi tingkat kemahiran dan keahlian tiap anggota MGMP Matematika
dan mengarahkan anggota agar menekuni bidang keahliannya dalam teknik
pembelajaran (peer teaching),
4) mensosialisasikan model, metode dan strategi pembelajaran yang efektif dilakukan di
wilayah Kab. Tasikmalaya dengan berkordinasi dengan Team Penelitian Pendidikan,
5) membuka layanan membantu guru untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam
pembelajaran matematika,
6) membuat analisis syntax model-model pembelajaran yang telah di sesuaikan dengan
kondisi Kab. Tasikmalaya beserta rekomendasi teknisnya.
7) Berusaha untuk terdepan dalam memperoleh informasi tentang paradigma pembelajaran
terbaru,
8) Berusaha untuk mendapatkan bentuk dan model-model pembelajaran aktual di Luar
Negeri dengan berkordinasi dengan team ICT
membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan Pembelajaran Matematika bagi
Anggota MGMP
Memberikan Pelatihan penyegaran (refreshing) kepada anggota tentang metodologi
Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif dan Penelitian Inovasi Pembelajaran atau
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
c. KOMPUTASI DAN E-LEARNING (ICT)
1) membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan ICT bagi Anggota MGMP,
berkordinasi dengan sekolah yang memiliki Lab. Mutimedia
2) mengkatagorisasi kemampuan anggota dalam mengoperasikan komputer sebagai alat
bantu pembelajaran
3) Memberikan pelatihan kepada anggota dalam bentuk praktik mengenai e-learning
(seperti: Presentasi, animasi, hosting website dll)
4) Memberikan pelatihan praktik internet; browsing, download, e-mail, blogging,
5) Bertanggung jawab terhadap lalu lintas informasi dari luar kedalam atau sebaliknya
bekerja sama dengan sekretaris.
6) Memberikan layanan tambahan berupa pengetikan hasil karya MGMP Matematika
seperti LKS, Modul, Buku dll
7) Mengevaluasi kinerja Team ICT di akhir tahun dalam bentuk annual report
d. PUBLIC RELATION (PR)
1) membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan PR,
2) bertanggung jawab terhadap komunikasi antara MGMP Matematika dengan lembaga
lain, dimulai dari pembukaan akses sampai penutupan (closing),
3) bertanggung jawab terhadap sosialisasi isu-isu aktual di MGMP Matematika trhadap
pihak yang berkepentingan,
4) bertanggung jawab dalam memberikan keterangan baik dalam keadaan normal maupun
dalam keadaan kritis untuk mejaga keberadaan dan nama baik MGMP Matematika,
5) bertanggung jawab agar tidak terjadi pembiasan informasi yang masuk atau keluar,
sehingga suara MGMP Matematika keluar selalu ada dalam satu konsep,
6) menjelaskan kebijakan yang diambil oleh musyawarah ataupun kebijakan teknis yang
diambil ketua kepada media, dewan, Disdik dan lain-lain.
e. MULTI KECERDASAN (Emotional, Spiritual, Interpersonal, Physical)/ESIP
1) membuat Rencana Kerja dan penjadwalan kegiatan ESIP
2) bertanggung jawab terhadap meningkatnya multi kecerdasan anggota dengan berbagai
metode pelatihan seperti outbond, kajian ayat kauniah (kultum 10 menit),
3) berkordinasi dengan team lain agar di setiap kegiatan terselip nuansa kemajuan dalam
keserasian (in harmonia progresio)
4) melakukan kajian keterkaitan antara ilmu matematika terhadap ayat-ayat Al-Quran,
berkordinasi dengan Team Materi dan Team ICT
5) Melakukan evaluasi program kerja di akhir tahun (annual report)
Singaparna, 16 Juni 2008
Mengetahui
Penasihat Eksternal
Ketua,
Dede Iryanto